Tempat Berbelanja Oleh-oleh Khas Karesidenan Madiun ( Ngawi - Ponorogo - Pacitan - Madiun - Magetan)

Friday, July 15, 2011

Obyek Wisata Alam Kabupaten Ponorogo

Ada berapa obyek wisata di Ponorogo yang anda tahu selama ini ? Dua ? Tiga ? Atau berapa ? Ya, tidak jadi soal anda tahu banyak atau sedikit, yang penting kita tahu. Karena dari tahu, maka diharapkan kebanggan akan timbul yang nantinya akan menumbuhkan rasa cinta. Kebanggaan dan kecintaan terhadap lokasi wisata tentu selain terucap juga diwujudkan dengan perbuatan. Dan perbuatan termudah (ini menurut saya lo) yang bisa kita lakukan adalah dengan berkunjung ke lokasi wisata tersebut. Sepertinya mudah berbicara soal kunjung berkunjung di lokasi wisata, apalagi lokasi wisata tersebut ada di daerah kita. Namun kenyataannya tidaklah demikian, banyak diantara kita yang lebih memilih daerah wisata lain. Mengapa demikian ? Pastilah ada alasan tersendiri, selain sedang banyak uang (hehehe...) dan gengsi (ini pasti) ada juga kepuasan yang didapat dari tempat wisata yang dikunjunginya tersebut. Nah, ini yang penting. Kepuasan.

Pernahkah anda pergi untuk pertama kalinya ke suatu lokasi wisata dan anda kecewa setelah pulang dari tempat tersebut ? Baguslah kalau tidak pernah. Kalau begitu kita bahas buat mereka yang pernah saja ya (yang tidak pernah boleh ngopi dulu, hehehe).

Internet pada saat ini merupakan alat komunikasi tercepat di seluruh dunia, sehingga banyak hal yang bisa kita peroleh dari internet, salah satunya adalah informasi mengenai suatu lokasi wisata, saat ini kita ambil contoh lokasi wisata di kabupaten Ponorogo. Seperti kami yang sebelum menulis ini juga mencari informasi di internet juga dihadapkan pada masalah yang sama, yaitu banyaknya daftar lokasi wisata namun sedikit ulasannya. Benar sekali, Ponorogo (di luar dugaan saya) ternyata mempunyai begitu banyak lokasi wisata selain Ngebel, Air terjun plethuk dan Wisata Budaya Reyognya yang telah mendunia. Kami sengaja menggunakan wikipedia sebagai tempat kami mencari informasi, bukannya apa-apa, karena di wiki (baca : wikipedia) mempunyai pranala luar yang lebih banyak. Selain itu pihak pemerintah kabupaten Ponorogo sendiri websitenya sedang dalam perbaikan dan seingat kami informasi yang ada juga sangat terbatas.

Berikut daftar lokasi wisata Alam di Kabupaten Ponorogo yang berhasil kami peroleh :

  1. Telaga Ngebel
  2. Taman Wisata Ngembag
  3. Mata Air Terjun Sari
  4. Sumber Air Panas
  5. Sumber Air Asam
  6. Air Terjun Pletuk
  7. Gunung Bayang Kaki
  8. Air Terjun Klenteng
  9. Air Terjun Kokok
  10. Air Terjun Grojogan Coban
  11. Goa Ngor
  12. Mata Air Mbeji
  13. Sendang Bulus
  14. Goa Pertapan
  15. Gunung Loreng
  16. Gunung Pringgitan
  17. Taman Sooko Sewu
  18. Hutan Wisata Kucur
  19. Goa Lowo
  20. Air Terjun Widodaren

Dari sekian banyak lokasi wisata alam tersebut, hanya beberapa saja yang ada ulasannya. Malahan kalau kami perhatikan yang aktif mengulasnya adalah orang per seorangan melalui website atau blog seperti ini, bukan lembaga/instansi Pemerintah Daerah yang membidangi hal ini (sepertinya orang di Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo kalau liburan pada ke luar Kota. Hehehe...)
Apa tidak sayang ? Membiarkan begitu banyak lokasi wisata tersebut tidak terurus ?

Setahu kami kecintaan masyarakat terhadap daerahnya itu lebih nyata (dalam perbuatan) dari pada
pemerintahan daerah tersebut. Kita masih ingat ketika ramai masalah Kalim kepemilikan Reog ? Siapa yang pertama kali menunjukkan sikap perlawanan ? Tentu saja masyarakat. Pihak pemerintah yang secara fungsi mengambil sikap secara politik pun ternyata terkesan lamban, lha repotnya penyakit ini menular ke pemerintah daerah (sepertinya).

Dari segi ekonomi, perkembangan lokasi wisata alam sebenarnya membawa dampak positif. Akan muncul pelaku-pelaku ekonomi di sini, dari yang paling kecil sampai besar (istilahnya orang awam ya begini saja lah...) dan tentu saja ini menguntungkan banyak pihak. Diantarnya (lebih tepatnya) yang pertama kali adalah pemerintah daerah. Kalau tidak percaya tanya saja... hehehhee..

Untuk mewujudkan ini tentu diperlukan modal/biaya yang tidak kecil. Selain fasilitas lokasi wisata harus diperbaiki juga publikasi dan promosi itu penting. Ini harus berjalan briringan, karena untuk apa failitas bagus tapi tidak dikenal masyarakat ?! Atau kebanyakam promosi namun failitasnya tidak memadai ?!
Dalam hal seperti ini tentu pemerintah daerah sudah tahu langkah-langkah strategis yang harus ditempuh, yaitu : serahkan pada ahlinya bos... kalau tidak mumpuni jangan sekali-kali mencoba, bisa runyam semuanya. Maksudnya adalah (ini jika) dinas/instansi terkait tidak mampu dalam menjalankan pembiayaan dan promosi maka lebih baik mencari investor, kalau soal bagi hasil dan tetek bengeknya pasti mereka lebih tahu. Kalau ini dijalani sesuai dengan prosedur dan standart yang seharusnya, kami jamin pariwisata alam di kabupaten Ponorogo akan lebih baik dari yang searang ini.

0 Komentar:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes